Silat

Ekstrakurikuler “Silat” adalah kegiatan di luar jam pelajaran reguler yang bertujuan untuk mempelajari dan mengembangkan keterampilan bela diri tradisional Indonesia yang dikenal dengan sebutan silat. Silat merupakan seni bela diri yang kaya akan nilai-nilai budaya, tradisi, serta filosofi, yang memiliki akar sejarah yang dalam dalam masyarakat Indonesia.

Dalam Ekstrakurikuler Silat, siswa biasanya terlibat dalam berbagai kegiatan, antara lain:

  1. Pelatihan Keterampilan Silat: Siswa diajarkan keterampilan dasar dalam seni bela diri silat, termasuk gerakan serangan, pertahanan, pukulan, tendangan, serta teknik-teknik penghindaran dan keseimbangan.
  2. Latihan Fisik: Siswa dilatih untuk meningkatkan kondisi fisik yang diperlukan dalam praktik silat, seperti kekuatan, kecepatan, kelincahan, daya tahan, serta fleksibilitas tubuh.
  3. Pembinaan Mental: Selain aspek fisik, siswa juga dibimbing untuk mengembangkan mental yang kuat, termasuk rasa percaya diri, konsentrasi, fokus, disiplin, serta pengendalian emosi dalam situasi yang menantang.
  4. Pertandingan dan Kompetisi: Siswa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam pertandingan atau kompetisi silat di tingkat sekolah, kecamatan, kota, bahkan nasional, yang memberikan pengalaman bertanding dan menguji kemampuan teknik dan strategi yang telah dipelajari.
  5. Pengenalan Budaya dan Nilai-Nilai Tradisional: Melalui praktik silat, siswa juga diperkenalkan pada aspek budaya dan nilai-nilai tradisional Indonesia yang terkandung dalam seni bela diri ini, seperti rasa hormat, kedisiplinan, kejujuran, serta semangat persatuan dan kesatuan.
  6. Pembentukan Karakter: Ekstrakurikuler Silat juga bertujuan untuk membentuk karakter siswa dengan mengajarkan nilai-nilai kejujuran, rasa tanggung jawab, serta sikap pantang menyerah dan gigih dalam menghadapi tantangan.

Ekstrakurikuler Silat tidak hanya memberikan manfaat dalam pengembangan keterampilan bela diri dan kondisi fisik siswa, tetapi juga membantu meningkatkan kepribadian, karakter, serta nilai-nilai budaya dan tradisi lokal yang penting bagi bangsa Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga dapat menjadi sarana untuk memupuk rasa kebanggaan akan warisan budaya dan nilai-nilai luhur bangsa.

Sambutan Kepala Sekolah

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena atas limpahan rahmat-Nya, kita dapat menyambut Anda semua di website resmi SMP IT Fatahillah.

Selengkapnya

Berita Terbaru